Baitullah Dekat Dihati

Keutamaan Umrah

Kategori : Info Umroh, Ditulis pada : 17 Juni 2023, 08:09:26

Dalam salah satu hadis riwayat Tabrani dalam Mu’jam Ausat dan kitab Sahih Bukhari disebutkan:

العُمرةُ إلى العُمرةِ كفَّارةُ ما بَيْنَهما والحجُّ المبرورُ ليس له جزاءٌ إلَّا الجنَّةُ

Artinya: Melaksanakan satu umrah menuju umrah selanjutnya itu menjadi penebus dosa di antara keduanya. Sedangkan haji mabrur balasannya hanyalah surga. (HR. Tabrani, HR. Bukhari).

Dalam syarah hadis dijelaskan bahwa siapapun yang melaksanakan ibadah umrah secara berurutan, maka kedua umrahnya menjadi sebab diampuninya dosa-dosa kecil dan tidak akan dimintai pertanggungjawabannya di hari kiamat.


Seperti yang telah diketahui, umrah bisa dilaksanakan kapan pun. Bahkan dalam satu kali perjalanan umrah bisa menjalani ibadah umrah berkali-kali tanpa batasan. Misalkan masa perjalanan umrah 15 hari, maka selama 15 hari itu pula  seseorang memiliki kesempatan untuk memperbanyak ibadah umrah.


Selain keutamaan tersebut, ibadah umrah maupun haji memiliki hikmah sesuai keterangan dari kitab al-Fikr as-Sami fi Tarikh Al-Islami karya Muhammad bin Hasan Al-Arabi (1291-1376) yang menyebutkan:


 ومن حكمته الاجتماع والائتلاف والتعارف بين الأمم الإسلامية، وتفقُّد أحوال بعضهم، واقتباس العلوم والمتاجر وغير ذلك، فهو من المصالح الاجتماعية والدينية معًا


Artinya: Di antara hikmah haji (dan umrah), yakni terciptanya sebuah perkumpulan besar (dari segala penjuru dunia), lahirnya sebuah persatuan dan keakraban di antara seluruh umat Islam, juga dengan haji dan umrah sebagian umat dapat mengetahui kondisi sebagian yang lain. Selain itu, mereka berkesempatan mereguk banyak ilmu dan peluang bisnis yang terbuka lebar, dan seterusnya. Haji dan umrah menjanjikan dua kemaslahatan besar; kemaslahatan sosial dan spirital secara bersamaan.


Oleh karena itu, bersyukurlah mereka yang dikaruniai rejeki yang melimpah dan diketuk hatinya untuk melakukan ibadah umrah. Sebab tidak semua orang yang memiliki rejeki melimpah terpanggil untuk ibadah umrah.

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id